KODE IKLAN DFP 1 Aktivitas Air (Akuatik) I : Gaya Dada, Gaya Bebas, Gaya Punggung, Gaya Kupu-Kupu, Loncat Indah | kumpulan tips dan trik menarik

Aktivitas Air (Akuatik) I : Gaya Dada, Gaya Bebas, Gaya Punggung, Gaya Kupu-Kupu, Loncat Indah

KODE IKLAN 200x200
KODE IKLAN 336x280
Aktivitas Air (Akuatik) I : Gaya dada, Gaya bebas, Gaya punggung, Gaya kupu-kupu, Loncat indah - Loncat indah tergolong program air. Sebelum mempelajari loncat indah, sebaiknya kalian menguasai keterampilan renang terlebih dahulu. Renang sangat dibutuhkan sebagai dasar untuk melatih olahraga air lainnya. Kali ini kita akan mempelajari satu gaya renang dan teknik dasar dari samping kolam serta nilai-nilai yang terkandung didalamnya. Setelah mempelajari kepingan ini dibutuhkan kalian sanggup mempratikkan salah satu gaya renang dan teknik dasar loncat indah dari samping kolam dengan penuh disiplin, keberanian, tanggung jawab, serta kerja keras. (Baca juga : Aktivitas Senam Ritmik : Ritmik, Ayunan, Lompat, Langkah)

Beragam program permainan dan olahraga air berkembang dikala ini, baik yang menggunakan alat maupun tidak menggunakan alat. Di antara program tersebut yaitu olahraga renang dan loncat indah. Renang haruslah dikuasai seseorang jikalau akan melakukan program dalam air yang lain. Pelajarilah materi pada kepingan ini sebaik-baiknya supaya kalian sanggup mempraktikkan olahraga renang dan loncat indah tanpa kesulitan. (Baca juga : Aktivitas Senam Lantai : Gymnastic, Floor exercise, Neck spring, Hand spring, Voulting horse)

A. Pengertian Aktivitas Akuatik dalam Pendidikan Jasmani


Aktivitas akuatik yaitu segala kegiatan yang berhubungan dengan air. Contoh dan Penjelasan nya: olahraga renang, polo air, loncat indah, berselancar, arung jeram, dan sebagainya.

Olahraga renang semakin lama semakin berkembang dan tersebar luas hampir ke seluruh negara termasuk Indonesia, sehingga bermunculan perkumpulan-perkumpulan renang. Oleh alasannya yaitu itu, pada tahun 1908 didirikanlah perserikatan renang di seluruh dunia dan dikenal dengan abreviasi FINA (Federation Internationale de Nation Amateur). Pada tahun 1917 di Indonesia didirikan perserikatan dengan nama Bandoengse Zwembond dan pada tahun 1951 didirikan Persatuan Berenang Seluruh Indonesia disingkat PBSI. Nama PBSI pada tahun 1956 diubah menjadi PRSI (Persatuan Renang Seluruh Indonesia) dan nama ini digunakan sampai sekarang. Penggantian nama ini lebih dikarenakan supaya singkatannya tidak sama dengan Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI). (Baca juga : Aktivitas Pengembangan Latihan Kebugaran Jasmani : Physical Fitness, Weight training, Kekuatan, Kecepatan, Kelentukan, Daya tahan, Total fitness, Tes pengukuran, Evaluasi)

Olahraga renang mengenal empat gaya, sebagai berikut.

1. Gaya dada (katak)
2. Gaya bebas (crawl)
3. Gaya punggung (back crawl)
4. Gaya kupu-kupu

Manfaat Olahraga Renang

Tahukah kalian, renang memiliki aneka macam manfaat, yakni sebagai bentuk keterampilan untuk bela diri, rekreasi, kesehatan, dan juga prestasi. (Baca juga : Permainan dan Olahraga 1, Bola Besar dan Kecil, Atletik, Pencak Silat)

1 . Bentuk keterampilan bela diri

Ditinjau dari segi keterampilan bela diri, dengan menguasai renang berarti telah mempersiapkan diri dari kemungkinan bahaya tenggelam.

2 . Bentuk rekreasi

Ditinjau dari segi rekreasi, setiap kawasan rekreasi yang memenuhi syarat tidak terlepas dari keberadaan sarana kolam renang ataupun pantai yang menarik dan unik untuk dikunjungi. Berenang sanggup mengatakan hiburan yang membahagiakan bagi pelakunya.

3 . Bentuk kesehatan dan kebugaran tubuh

Renang yaitu program olahraga yang sanggup melibatkan seluruh kepingan tubuh untuk tetap bergerak dan dari sisi kedokteran renang yaitu terapi terbaik untuk penyembuhan penyakit pernapasan asma. Renang juga sanggup menambah dan melatih kapasitas paru-paru.

4 . Bentuk olahraga prestasi

Renang yaitu salah satu cabang olahraga pokok dan wajib diselenggarakan pada setiap perlombaan menyerupai Pekan Olahraga Nasional, SEA Games, Asian Games, Olympiade, dan bahkan Pesta Olaraga Mahasiswa Dunia atau World University Games. (Baca juga : Aktivitas Penjelajahan dan Penyelamatan di Pantai, Makanan Sehat)

B. Keterampilan Dasar Renang Gaya Bebas


Kali ini kita akan mempelajari renang gaya bebas sebelum mempelajari loncat indah. Perlu kalian praktikkan sebelum mempelajari beberapa teknik renang yaitu bagaimana mengapung dan mengayunkan kaki dalam air. Mengayunkan kaki di air dengan berjalan di air yang dalam. Renang gaya bebas ini disebut juga dengan gaya crawl atau sanggup juga disebut dengan gaya rimau. Mengapa gaya bebas itu penting? Gaya bebas yaitu esensi dari renang sebelum mempelajari loncat indah. Gaya bebas memungkinkan kalian bergerak lebih cepat di dalam air daripada gaya lain serta memungkinkan kalian untuk melihat ke depan. Teknik dasar gerakan renang gaya bebas yang akan kita pelajari sebagai berikut. (Baca juga : Hidup Sehat Tanpa Narkoba, Zat Adiktif, Psikotropika)

1. Teknik ayunan tangan ke atas
2. Teknik ayunan kaki
3. Teknik pernapasan

1. Teknik Ayunan Tangan ke Atas


Cara dan metode melakukan ayunan tangan ke atas sebagai berikut.

a. Ambil napas. Telapak tangan menghadap ke atas.
b. Angkat siku, biarkan telapak tangan ikut bergerak juga.
c. Siku harus dalam keadaan ditekuk 90o sewaktu telapak tangan bergerak melewati wajah.
d. Jangkauan tangan ke depan melewati udara di atas air.
e. Ujung jari harus menyentuh air lebih dahulu daripada siku.
f. Putar wajah ke arah bawah, luruskan tubuh, meluncur, kedua tangan terjulur ke depan.
g. Kayuh, masuk ke posisi meluncur miring pada sisi tubuh yang sebelah, wajah tetap menghadap ke bawah dan hembuskan napas.

Perhatikan gambar di bawah ini!
 sebaiknya kalian menguasai keterampilan renang terlebih dahulu Aktivitas Air (Akuatik) I : Gaya Dada, Gaya Bebas, Gaya Punggung, Gaya Kupu-Kupu, Loncat Indah
Gambar 1. Rangkaian teknik ayunan lengan ke atas.

2. Teknik Ayunan Kaki


Cara dan metode melakukan teknik ayunan kaki sebagai berikut.

a. Kedua kaki digerakkan naik turun secara bergantian ke atas dan ke bawah, gerakan kaki dimulai dari pangkal paha (sumbu gerakan).
b. Perlu diperhatikan bahwa pada waktu menggerakkan kaki naik turun (antara kaki kanan dan kiri), keadaan kaki harus lurus tetapi tidak kaku dan gerakan kaki harus sanggup mengibaskan air sebanyak-banyaknya atau sepenuhnya. (Baca juga : Aktivitas Penjelajahan Gunung : Backpacking, Camping, Hill craft, Hiking, Mountaineering, Rock climbing)

Perhatikan gambar di bawah ini!

 sebaiknya kalian menguasai keterampilan renang terlebih dahulu Aktivitas Air (Akuatik) I : Gaya Dada, Gaya Bebas, Gaya Punggung, Gaya Kupu-Kupu, Loncat Indah
Gambar 2. Teknik ayunan kaki.


3. Teknik Pernapasan


Pengambilan napas pada renang gaya bebas tergantung dari kebiasaan dan kenyamanan dari perenang itu sendiri. Artinya sanggup melakukan pengambilan napas dengan memunculkan mulut ke atas permukaan air ke sebelah kiri atau ke sebelah kanan. Perlu kalian perhatikan bahwa pada waktu menarik dan unik tangan ke bawah air (tangan kanan atau tangan kiri), munculkan mulut ke atas permukaan air untuk mengambil napas atau udara. Dan pada waktu tangan tersebut diluruskan kembali ke depan, muka dimasukkan atau dihadapkan lagi ke bawah air untuk mengeluarkan napas.

Pengambilan napas yang baik dan biasa dilakukan para perenang yaitu ke satu arah, artinya ke sebelah kanan saja atau ke sebelah kiri saja. Jarang dilakukan mengambil napas ke sebelah kiri dan ke sebelah kanan. (Baca juga : Aktivitas Air (Akuatik) II : Aktivitas akuatik, Keterampilan, Renang gaya dada dan gaya miring)

Cara dan metode melakukan pernapasan renang gaya bebas sebagai berikut.

a. Tangan yang bukan sisi pernapasan memasuki air, kemudian mulai mengayuh dengan tangan sisi pernapasan.
b. Ambil napas pada kepingan pertengahan terakhir dari gerakan tangan sisi pernapasan dan siku terangkat.
c. Raih ke depan melampaui atas tabung imajinasi dan siku terangkat.
d. Tangan memasuki air, mulai mengayuh dengan tangan bukan sisi pernapasan.

Perhatikan gambar di bawah ini!
 sebaiknya kalian menguasai keterampilan renang terlebih dahulu Aktivitas Air (Akuatik) I : Gaya Dada, Gaya Bebas, Gaya Punggung, Gaya Kupu-Kupu, Loncat Indah
Gambar 3. Teknik pernapasan.


C. Loncat Indah


Kalian telah menguasai olahraga renang dan selanjutnya mempelajari loncat indah. Loncat indah yaitu kegiatan meloncat ke kolam renang dari papan loncat yang memiliki tinggi bervariasi yaitu dari papan terendah (1 sampai dengan 4 meter) sampai dengan menara (5 sampai dengan 10 meter). Sebelum berlatih loncat indah dengan menggunakan papan loncatan, terlebih dahulu kalian sanggup mencar ilmu melakukan loncat indah dari tepi kolam. (Baca juga : Aktivitas Senam Artistik II : Handstand, Tiger sprong, Balance)

Cara dan metode melakukan terjun ke air dari tepi kolam ada beberapa macam, di antaranya sebagai berikut.

1. Terjun ke depan dari posisi berdiri.
2. Terjun dengan pertolongan hulahop.
3. Terjun satu kaki.
4. Terjun dari posisi berlutut.

Pada materi kali ini khusus akan membahas terjun ke depan dari posisi berdiri dan terjun dengan pertolongan hulahop.

1. Terjun ke Depan dari Posisi Berdiri


Untuk melakukan terjun ke depan dari posisi berdiri diharuskan menggunakan kedalaman air minimal 10 kaki. Teknik terjun berdiri ini yaitu teknik dasar dari segala jenis teknik loncat yang lebih rumit. Cara dan metode melakukan teknik terjun ke depan dari posisi berdiri sebagai berikut.

 sebaiknya kalian menguasai keterampilan renang terlebih dahulu Aktivitas Air (Akuatik) I : Gaya Dada, Gaya Bebas, Gaya Punggung, Gaya Kupu-Kupu, Loncat Indah
Gambar 4. Terjun ke depan dari posisi berdiri.

a. Jari kaki mencengkeram pinggir kolam dan tangan di samping.
b. Tangan bergerak melingkar dan lutut ditekuk.
c. Loncat ke atas dan angkat paha.
d. Arahkan pada titik sejauh 4 kaki dari tepi dan tekuk tubuh.
e. Dagu ke bawah dan angkat kaki.
f. Tubuh lurus, masuk secara vertikal.
g. Lengkungkan tubuh, angkat kepala dan tangan, dan meluncurlah. (Baca juga : Aktivitas Pengembangan II : Kelentukan, Kekuatan, Daya tahan, Kebugaran jasmani, Tes kebugaran, Interpretasi hasil)

2. Terjun dengan Hulahop


Terjun dengan hulahop memerlukan teknik terjun lebih tinggi. Untuk meningkatkan kesulitan kita sanggup menaikkan hulahop lebih tinggi dari posisi awal (setinggi paha) dan ayunan tangan lebih tinggi lagi untuk memmenolong mengangkat tubuh kita. Diperlukan aneka macam tes dan latihan terjun sebelum kita sanggup terjun tinggi dengan memasuki air secara vertikal dan tanpa semburan air.

Berikut ini cara melakukan teknik terjun dengan pertolongan hulahop.

a. Berdirilah di dalam bulat hulahop dan bersiap untuk terjun ke depan. Minta seseorang untuk memegang sebuah hulahop setinggi tulang kering atau lutut kita dengan jarak antara bulat hulahop dan kaki sekitar 1 kaki (pemegang hulahop tersebut harus berada di samping kita supaya tidak tertendang).
b. Kemudian terjunlah dengan melewati bulat hulahop dan berhati-hatilah untuk selalu memasuki air secara vertikal dengan posisi kepala ke bawah.
c. Titik masuk di air jaraknya ijan terlalu jauh dari tepi kolam.
d. Naikkan hulahop sedikit demi sedikit pada setiap kali kita terjun untuk melihat seberapa tinggi kita sanggup terjun melewatinya.

Latihan

1. Apakah kepanijan PRSI?
2. Sebutkan olahraga yang termasuk program akuatik!
3. Sebutkan empat gaya yang sering digunakan dalam perlombaan renang!

Tugas

1. Praktikkan ayunan tangan ke atas renang gaya bebas!
2. Praktikkan pernapasan renang gaya bebas!
3. Praktikkan terjun dengan posisi berdiri di samping kolam!

Rangkuman

1. Aktivitas akuatik yaitu segala kegiatan yang dilakukan semuanya berhubungan dengan air. Contoh dan Penjelasan nya: olahraga renang, polo air, loncat indah, berselancar, arung jeram, dan sebagainya.

2. Olahraga renang terdapat empat gaya.

a. Gaya dada
b. Gaya bebas
c. Gaya punggung
d. Gaya kupu-kupu

3. Loncat indah yaitu kepingan dari olahraga akuatik. Terjun atau loncat indah yaitu suatu cabang olahraga yang menuntut pelakunya untuk sanggup berenang.

4. Cara dan metode melakukan terjun dari tepi kolam ada beberapa macam, diantaranya berikut ini.

a. Terjun ke depan dari posisi berdiri
b. Terjun dengan pertolongan hulahop
c. Terjun satu kaki
d. Terjun dari posisi berlutut
KODE IKLAN 300x 250
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==
KODE IKLAN DFP 2
KODE IKLAN DFP 2