KODE IKLAN DFP 1 Pengertian Norma Dan Norma Sosial | kumpulan tips dan trik menarik

Pengertian Norma Dan Norma Sosial

KODE IKLAN 200x200
KODE IKLAN 336x280
Pengertian Norma dan Norma Sosial - Pada jam istirahat sekolah, ada seorang siswa membuang bungkus permen di koridor sekolah. Tindakan itu mendapatkan teguran dari guru dan siswa tersebut disuruh mengambil, serta membuang bungkus permen itu ke tempat sampah. Cerita tersebut ialah rujukan sederhana adanya norma dalam masyarakat. 


Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (kbbi) :

norma /nor·ma/ n adalah

1. aturan atau ketentuan yang mengikat masyarakat kelompok dalam masyarakat, dipakai sebagai panduan, tatanan, dan pengendali tingkah laku yang sesuai dan berterima: setiap masyarakat masyarakat harus menaati -- yang berlaku; 

2 aturan, ukuran, atau kaidah yang dipakai sebagai tolok ukur untuk menilai atau memperbandingkan sesuatu;
-- agama aturan yang menata tindakan manusia dalam pergaulan dengan sesamanya yang bersumber pada ajaran agamanya; 
-- sosial aturan yang menata tindakan manusia dalam pergaulan dengan sesamanya; 
-- adab aturan yang menata tindakan manusia dalam pergaulan sosial sehari-hari, mirip pergaulan antara pria dan wanita



Norma berisi petunjuk-petunjuk untuk hidup, di mana di dalamnya terdapat perintah atau larangan bagi setiap manusia untuk berperilaku sesuai dengan aturan yang ada, sehingga tercipta sebuah kondisi yang disebut keteraturan atau ketertiban.

Norma juga dilengkapi dengan sanksi-sanksi yang dimaksudkan untuk mendorong bahkan menekan individu maupun kelompok atau masyarakat secara keseluruhan untuk mencapai nilai-nilai sosial.

Jadi, mampu ditegaskan bahwa norma sosial ialah aturan-aturan dengan sanksi-sanksi sebagai pedoman untuk melangsungkan relasi sosial dalam masyarakat yang berisi perintah, larangan, proposal supaya seseorang mampu bertingkah laku yang pantas guna menciptakan ketertiban, keteraturan, dan kedamaian dalam bermasyarakat. Dalam mengatakan eksekusi bagi pelanggaran terhadap norma, ada banyak sekali cara tergantung pada tingkatan norma mana yang dilanggar.

Nilai dan norma sosial ialah dua hal yang saling berkaitan walaupun keduanya mampu dibedakan. Bagaimanakah relasi antara nilai dan norma sosial? Nilai ialah sesuatu yang baik, diinginkan, dicita-citakan, dan dianggap penting oleh masyarakat, sedangkan norma ialah kaidah atau aturan berbuat dan berkelakuan yang dibenarkan untuk mewujudkan impian itu. Singkatnya, apabila nilai ialah rujukan sikap yang diinginkan, maka norma mampu disebut sebagai cara-cara sikap sosial yang disetujui untuk mencapai nilai tersebut.
KODE IKLAN 300x 250
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==
KODE IKLAN DFP 2
KODE IKLAN DFP 2